”Katakan tidak pada Narkoba”

Cara mengalahkan musuh, harus mengenali terlebih dahulu musuh tersebut. Sebab, tanpa kenal mustahil mampu menghindar darinya. Itulah yang dikenalkan tim dari Yayasan Kemala Bhayangkari saat menyambangi SMAN 3 Padang dalam rangka penanggulangan narkoba bagi pelajar di Padang, kemarin.

Ketua Bhayangkari, Elok Wahyu Indra Pramugari mengatakan, sudah waktunya pelajar di Padang menyatakan tidak pada narkoba, mengingat 70 hingga 80 persen pengguna narkoba yang diungkap aparat, adalah pelajar. “Mereka ini rentan pengaruh narkoba. Kalau tidak diantisipasi dengan cepat, dampaknya bisa parah, bahaya bagi generasi kita mendatang,” katanya.

Untuk memutus rantai pemakaian narkoba di kalangan pelajar, kata Elok, mereka melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Mengajak pelajar mendeklarasikan diri melawan narkoba dan membentuk tim pelopor antinarkoba untuk mengampanyekan gerakan tersebut di sekolah hingga lingkungan tempat tinggal.

Kepala SMAN 3 Padang, Monalisa mengatakan, sekolahnya sudah lama ditunjuk sebagai pilot project untuk program pelajar antinarkoba. “Kami ingin sekolah ini menjadi contoh bagi sekolah, lingkungan, dan daerah lain tentang upaya pemberantasan narkoba di kalangan pelajar,” katanya.

Program itu dilaksanakan dengan membentuk tim yang terdiri dari sekitar 60 siswa yang bertugas sebagai duta narkoba dan menyosialisasikannya kepada kawan sejawat, rekan sekolah, dan masyarakat luas. “Kami sudah programkan. Akan ada kegiatan-kegiatan sosial yang mereka lakukan terkait upaya menciptakan pelajar Padang bebas narkoba,” katanya.

Selain itu, pelajar juga dikenalkan dengan berbagai jenis obat-obatan terlarang. Mulai dari jenis ganja, putau, ekstasi, dan apa ciri-ciri serta bagaimana pengaruh obat-obatan tersebut terhadap tubuh. Mereka juga diberi tahu bagaimana para penyalur narkoba tersebut memikat mangsanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s