SMANTRI Adiwiyata Ke TINGKAT NASIONAL

SMA 3 Padang Menuju Pentas Nasional

Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSMABI) 3 Kota Padang, terletak di lokasi sangat strategis, yakni di jalan Gajah Mada, Gunung Pangilun. Kawasan sekolah itu, jauh dari kebisingan deru suara kendaraan. Lingkungan nan rindang banyak ditumbuhi aneka tanaman, sehingga terasa menyejukkan dan menyegarkan.

BERSIHKAN

Kini, RSMABI 3 Padang terus berupaya menjadikan sekolah itu berwawasan lingkungan. Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Padang menunjuk sekolah favorit tersebut sebagai salah satu calon peraih penghargaan Adiwiyata. Penilaian dari berbagai aspek sudah dilakukan, mulai dari tingkat kota, Provinsi Sumbar hingga menuju pentas nasional.
Kepala RSMABI 3 Padang, Dra. Monalisa didampingi Wakil Manajemen Mutu, Drs. Wal Mukminin mengungkapkan hal itu sehubungan tekad menuju pentas nasional tersebut.
Menurut Monalisa, pihaknya membuat 4 pasukan sebagai pendorong Adiwiyata. Keempatnya adalah Pasukan Merah, terdiri dari Polisi Adiwiyata Sekolah yang bertugas menindak pelanggar aturan. Sementara Kejaksaan Adiwiyata berfungsi penindaklanjut dari laporan Polisi Adiwiyata yang akan disidangkan seperti Kejaksaan.
Seterusnya Pasukan Kuning, berfungsi selaku penggerak kebersihan lingkungan sekolah. Pasukan Hijau berperan sebagai pendorong dari mewujudkan lingkungan yang hijau dan memiliki banyak tanaman hidup di sekolah serta pengelola dari green house.
Pasukan Coklat adalah wadah untuk melestarikan tanaman hidup dengan pendaur ulang dan pembuatan pupuk kompos sendiri.
Lebih jauh Monalisa menjelaskan beberapa program Adiwiyata yang dilakukan di sekolah. Diantaranya pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berwawasan lingkungan (SPBL), pengembangan kurikulum berbasis lingkungan, pengembangan kegiatan/pendidikan berbasis partisipatif, pengembangan dan atau pengelolaan sarana pendukung sekolah.
Sebenarnya, kata Adiwiyata berasal dari 2 kata Sanskerta, Adi dan Wiyata. Adi mempunyai maknanya besar, agung, baik, ideal, atau sempurna. Sedangkan Wiyata berarti tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetetahuan, norma, dan etika dalam kehidupan sosial.
Jadi, kata Monalisa, Adiwiyata menjadi kebutuhan di sekolah bahkan bisa disetiap lingkungan rumah masing-masing. Adiwiyata memberikan kenyamanan bagi siswa-siswi dan majelis guru, mulai pagi hingga sore di sekolah.
Tujuannya, menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga kemudian hari warga sekolah turut bertanggungjawab dalam upaya kebersihan lingkungan.
Indikator yang dinilai dalam Adiwiyata adalah kepedulian warga sekolah terhadap lingkungan, kerindangan, dan kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan lingkungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s